Bimbingan Teknis “Teknologi Pemupukan Ramah Lingkungan” Lingkup Kabupaten Bandung Barat dan Subang

Penulis : Rezamela


Tanggal Posting : 18 Jul 2018 10:08 Wib | Dibaca : 744 | Kategori : Berita


Dalam upaya peningkatan produksi dan produktivitas Komoditas Perkebunan, Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) tentang " Pemupukan Ramah Lingkungan pada Tanamam Teh " dengan Peneliti PPTK sebagai Narasumber Utama. Bimtek yang berisi pemaparan materi serta praktek langsung pemupukan ramah lingkungan dilaksanakan tanggal 09-10 Juli 2018 di 2 lokasi yakni Kelompok Tani ”Bersatu Mekar”, desa Mandala Mukti, Kab. Bandung Barat Kelompok Tani ” Batu Alam”, desa Sagala herang, Kec. Serang Panjang, Kab. Subang. Konsep pemupukan ramah lingkungan adalah pemupukan yang dilakukan berdasarkan kebutuhan tanaman dengan mempertimbangkan kondisi aktual hara dan bahan organik tanah sesuai kriteria 5T (Tepat Jenis, Tepat Dosis, Tepat Cara, Tepat Waktu dan Tepat Imbangan).

Pemupukan ramah lingkungan pada intinya meminimalkan residu pada proses pemupukan, sehingga pupuk anorganik yang diaplikasikan harus diimbangi dengan pupuk organik ataupun pupuk hayati. Bimtek ini juga merupakan wahana disseminasi PPTK untuk memperkenalkan teknologi tepat guna terbaru hasil penelitian tim peneliti bagian Tanah dan Proteksi Tanaman yakni Pupuk Hayati Bio-imunilizer. Pupuk Hayati ini berisi mikroorganisme yang bersumber dari tanaman teh itu sendiri berfungsi ganda sebagai penyokong pertumbuhan pucuk dan penyokong peningkatan imunitas (kekebalan) tanaman terhadap penyakit cacar daun teh. Semoga kedepan teknologi tepat guna yang dimiliki ataupun sedang dikerjakan oleh PPTK dapat berguna bagi dunia teh Indonesia, terutama teh rakyat.

 


Post Terkait

  • Pelatihan Capacity Building Penanganan Pasca Panen Teh untuk Petani Rakyat

    Tanggal : 12 Apr 2019 08:54:41 Wib

    Direktorat Jenderal Perkebunan (Ditjenbun) bekerjasama dengan Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) kembali mengadakan pelatihan yang ditujukan untuk petani teh rakyat. Pelatihan kali ini mengambil tema Capacity Building Pasca Panen Teh yang dilaksanakan selama dua hari (18/03/2019 – 29/03/2019) di Pusat Penelitian Teh dan Kina. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas petani teh rakyat dalam menghasilkan produk teh.


  • Teknologi Fertigasi dan Bio-organo Mineral di Seminar Nasional PT. RPN 2019

    Tanggal : 09 Apr 2019 08:38:00 Wib

    PT. Riset Perkebunan Nusantara (PT.RPN) kembali menggelar Seminar Nasional tahun 2019 yang bertajuk “Pupuk dan Mekanisasi di Perkebunan”. Seminar Nasional dilaksanakan selama dua hari (04/04/2019 – 05/04/2019) di The Hotel Sultan and Residence, Jakarta. PT. RPN mengundang praktisi, akademisi, dan peneliti dari berbagai institusi.


  • Pelantikan Direktur lingkup PT. RPN

    Tanggal : 26 Mar 2019 10:41:00 Wib

    Pada Jumat, 22 Maret 2019, pukul 09.00 wib bertempat di Aula Soenarjo, Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia, telah dilaksanakan pelantikan direktur lingkup PT. Riset Perkebunan Nusantara (RPN).


  • Gamboeng White Pearl Tea, 100 Hari menuju Jerman

    Tanggal : 15 Mar 2019 11:38:42 Wib

    Pusat Penelitian Teh dan Kina (PPTK) sebagai salah satu lembaga Pusat Unggulan IPTEK (PUI) menjadi salah satu delegasi Indonesia pada kegiatan Indonesia Innovation Day 2019 (IID 2019) yang akan diselenggarakan di Saarland, Jerman pada tanggal 26 Juni 2019.


  • Meningkatkan Peran Pengurus Serikat Pekerja sebagai Agent of Change Melalui Pelatihan Kompetensi

    Tanggal : 08 Mar 2019 11:40:00 Wib

    Holding PT. Perkebunan Nusantara III (persero) bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Perkebunan (LPP) menyelenggarakan “Pelatihan Peningkatan Kompetensi Pengurus Serikat Pekerja PTPN Group” di LPP Kampus Yogyakarta. Serikat Pekerja Perkebunan Pusat Penelitian Teh dan Kina (SP Bun PPTK) mengirimkan Ketua II, Heri Syahrian, SP., MP., untuk berpastisipasi sebagai peserta Batch XI.


Tinggalkan Komentar :


Ketik ulang karakter dari gambar:
Reload the CAPTCHA codeSpeak the CAPTCHA code
 

No Comments Results.